BAB I
PENDAHULUAN
A.
Latar Belakang
Dalam era
globalisasi ini pastilah menuntut berbagai perusahaan besar, menengah, maupun
kecil untuk bekerja cerdas. Harus bekerja cerdas bukan hanya bekerja keras. Bila
bekerja cerdas, berarti dapat menyeimbangkan antara pendidikan yang telah di
dapat dengan memadukan berbagai strategi. Jika hanya bekerja keras, maka ilmu
yang di dapat selama menempuh pendidikan di bangku sekolah maupun perkuliahan
kurang di aplikasikan.
Berdasar
hal tersebut, banyak perusahaan di Indonesia bahkan di mancanegara berkompetisi
untuk memberi pelayanan yang terbaik bagi relasi atau konsumen. Suatu cara untuk
memenangkan kompetisi tersebut adalah dengan memiliki tenega kerja yang
profesional dan berkompeten dalam bidangnya. Salah satu tenaga kerja yang
dibutuhkan dalam suatu perusahaan harus berkompeten dalam bidang korespondensi.
Saat ini alat komunikasi yang
lebih modern bila di banding surat, sangat banyak seperti telepon, fax, telex,
e-mail, sms, dll. Namun komunikasi melalui media surat tetap digunakan atau
mempunyai peranan yang sangat penting untuk keperluan pribadi, pemerintah
maupun swasta. Faktor utama surat tetap digunakan ialah karena setiap
perusahaan memerlukan dokumentasi atau bukti dalam menjalankan berbagai
kegiatan perusahaan. Surat mempunyai keunggulan jika di bandingkan dengan alat komunikasi
lain yaitu adanya bukti berupa tulisan dan tanda tangan dari yang bersangkutan,
hal ini menyatakan tentang sumber surat.
Dalam
hal pengelolaan surat sudah seharusnya setiap perusahaan dapat menangani dengan
baik sehingga dapat menciptakan kegiatan yang dapat mendorong pada kemajuan
perusahaan. Mengingat surat mempunyaiperanan
penting dalam suatu perusahaan maka surat harus ditangani
oleh tenaga kerja yang benar-benar memiliki pengetahuan dan keterampilan
tentang korespondensi.
Profitabilitas suatu perusahaan juga
dipengaruhi oleh proses niaga. Hal ini terjadi karena dengan menggunakan surat niaga, kita dapat
mempengaruhi relasi atau konsemen untuk melakukan kerjasama maupun
bertransaksi. Agar tujuan tersebut berjalan dengan baik, maka kita perlu
belajar dan memahami tentang korespondensi niaga.
- Rumusan Masalah
Berdasar latar belakang tersebut,
maka terdapat rumusan masalah yang akan dibahas, antara lain:
1. Apa sajakah macam-macam surat niaga?
2. Bagaimanakah prosedur alur
korespondensi niaga?
3.
Bagaimana contoh surat-surat
niaga?
- Tujuan
Berdasar
rumusan masalah di atas, maka ada beberapa tujuan, antara lain yaitu
1. Mengetahui berbagai macam surat niaga
2. Pemaparan tentang prosedur alur
korespondensi niaga
3. Adanya gambaran tentang surat niaga
- Manfaat
Berdasar
hal-hal di atas, maka dapat di ambil manfaat, yaitu
1. Mendapat pengetahuan tentang hal-hal yang
berhubungan dengan surat niaga
2. Memahami cara berkorespondensi niaga
3. Dapat mengaplikasikan di dunia kerja
BAB II
KAJIAN TEORI
Untuk
memperjelas dalam pembahasan, maka berikut ini kami mengkaji beberapa hal,
antara lain:
A.
Alur
Stanton (dalam Nurgiyantoro, 1995:113) alur adalah cerita yang berisi urutan kejadian
namun tiap kejadian itu hanya di hubungkan secara sebab akibat, peristiwa yang
disebabkan atau menyebabkan terjadinya adalah segala keterangan, petunjuk,
pengacauan yang berkaitan dengan waktu, ruang dan suasana terjadinya peristiwa.
B.
Surat
Isi dalam
suatu surat dapat berupa berita atau informasi yang berwujud pemberitahuan,
pernyataan, pertanyaan, perintah, permintaan, laporan, dll.
Menurut Drs. Heni Subagyo dalam bukunya yang bejudul Surat Menyurat Lengkap, di jelaskan bahwa surat adalah alat
komunikasi resmi yang mempergunakan bahasa tulisan di atas selembar kertas yang
sangat erat hubungannya dengan kehidupan manusia ( halaman 1).
Sedangkan menurut Drs. I.G. Wursanto dalam bukunya Teknologi Perkantoran 1, menyatakan
bahwa surat dapat diartikan dengan berbagai cara, antara lain sebagai berikut:
1. Surat merupakan helai kertas dalam bentuk
maupun dalam wujud apa pun yang berisi keterangan-keterangan tertulis untuk di
sampaikan kepada pihak lain yang membutuhkannya.
2. Surat adalah media komunikasi secara
tertulis untuk di sampaikan kepada pikah lain dalam rangka memdapatkan
pengertian dan kerja sama antara kedua belah pihak.
3. Surat ialah suatu pernyataan bahasa secara
tertulis, untuk menyampaikan suatu informasi atau keterangan dari satu pihak
kepada pihak lain.
Berdasar
pengertian surat di atas, dapat di ambil 2 (dua) unsur inti yaitu adanya
pengirim dan penerima. Jika pengirim dan penerima menjalain hubungan yang
terus-menerus dengan cara saling berbalas surat maka terciptalah surat menyurat
(korespondensi).
Secara sederhana surat
menyurat dapat di artikan sebagai suatu kegiatan pengendalian arus berita
tertulis yang timbul dari adanya suatu pencatatan, laporan atau keputusan yang
memungkinkan terjadinya permintaan, pemberitahuan dan sebagainya (Melakukan Prosedur Administrasi, 2004 : 19).
C.
NIAGA
Dalam Wikipedia Indonesia, di sebutkan bahwa niaga adalah serangkaian
usaha yang dilakukan 1 orang atau lebih individu atau kelompok dengan
menawarkan barang atau jasa guna mendapatkan keuntungan.
Berdasar
uraian di atas, dapat di simpulkan bahwa surat niaga ialah suatu surat yang
berasal dari satu pihak kepada pihak lain dalam rangka keperluan perdagangan,
untuk mendapat kesepemahaman atau bertukar informasi agar kedua belah pihak
merasa puas atau untung.
Surat dinas swasta yaitu
surat dinas yang berhubungan dengan masalah perdagangan disebut juga suart
niaga (Melakukan Prosedur Administrasi,
2004 : 20).
Menurut Drs. Heni Subagyo, surat bisnis adalah surat-surat yang paling
sering digunakan oleh orang-orang yang pekerjaannya bergelut di bidang bisnis
perdagangan, perusahaan atau perorangan sebagai pengusaha dan lain-lain. Dengan
kata lain surat bisnis adalah surat yang paling luas ruang lingkupnya ketimbang
surat pribadi. (Surat Menyurat, halaman
64)
Sehingga
alur korespondensi niaga adalah suatu proses berbalasan surat yang berhubungan
sebab akibat dalam hal perdagangan untuk mencapai keuntungan.
BAB III
PEMBAHASAN
Dalam membuat surat niaga atau
surat bisnis yang efektif, harus memperhatikan 7C, yaitu
a. Clear (jelas)
b. Concise (padat)
c. Correct (benar)
d. Courteous (sopan)
e. Conversational (nada percakapan)
f. Convincing (meyakinkan)
g. Complete (lengkap)
A.
Macam-macam Surat Niaga
1. Surat Permintaan Penawaran
Surat permintaan penawaran
adalah surat yang dikirim oleh seseorang atau perusahaan (calon pembeli) kepada
calon penjual yang berisi permintaan pengiriman katalog produk yang
diperjual-belikan.
Fungsi surat permintaan
penawaran, adalah
a. Bahan pertimbangan dalam menentukan
pembelian
b.Untuk menyesuaikan keadaan keuangan
c. Untuk memilih barang sesuai dengan selera
atau kebutuhan perusahaan
Isi
surat permintaan penawaran, ialah
a. Jenis barang yang diinginkan
b. Kualitas barang yang diinginkan
c. Potongan harga
d. Cara pembayaran
e. Cara pengiriman barang
f. Kemudahan-kemudahan yang dapat di peroleh
pembeli
Contoh surat permintaan penawaran, adalah
a. Surat permintaan penawaran atas inisiatif
sendiri
b. Surat permintaan penawaran berdasar iklan
c. Surat permintaan penawaran dengan kartu
pos
2. Surat Penawaran
Surat
penawaran adalah surat yang dibuat oleh perusahaan penjual barang atau jasa,
yang isinya menawarkan barang atau jasa disertai dengan keterangan yang
diperlukan pembeli.
Fungsi dari surat penawaran adalah
a. Memperkenalkan barang atau jasa kepada
masyarakat atau perusahaan lain
b. Memperluas jaringan pemasaran
c. Memelihara hubungan dagang dengan relasi
Hal yang harus diperhatikan dalam
membuat surat penawaran, yaitu
a. Tunjukkan tanggal dan nomor iklan jika
surat penawaran berdasar iklan
b. Berikan gambaran mutu barang atau jasa
yang ditawarkan
c. Cantumkan syarat harga, potongan harga,
pembayaran dan pengiriman barang
d. Lampirkan leaflet atau brosur
Contoh surat penawaran, ialah
a. Surat penawaran atas inisiatif sendiri
b. Surat penawaran atas permintaan penawaran
3. Surat Pesanan
Surat
pesanan ialah surat dari pembeli yang ditujukan kepada penjual yang isinya
mengenai pemesanan barang atau jasa tertentu.
Fungsi surat penawaran, adalah
a. Sebagai pedoman untuk pengiriman barang
b.Sebagai barometer maju tidaknya perusahaan
c. Sebagai pedoman untuk menentukan besar
kecilnya pembayaran
Adapun hal yang harus diperhatikan
dalam surat pesanan, yaitu
a. Nama, spesifikasi produk, kualitas dan
kuantitas yang dipesan
b. Kesanggupan membayar
c. Cara pengiriman barang
d. Tanggal pengiriman barang
e. Cara pengepakan barang selama dalam proses
pengangkutan
Contoh surat pesanan, ialah
a. Surat penawaran atas inisiatif sendiri
b. Surat penawaran atas penawaran
c. Surat penawaran berdasar iklan
4. Surat Pemberitahuan Pengiriman
Surat pemberitahuan pengiriman adalah
surat yang dibuat oleh penjual yang ditujukan kepada pembeli dengan maksud
untuk memberitahukan bahwa barang pesanan telah dikirim ke alamat sesuai
permintaan.
Fungsi surat pemberitahuan pengiriman, adalah
a. Untuk meyakinkan pembeli bahwa pesanan
sudah dilayani dengan baik
b. Sebagai bukti untuk menagih pembayaran
jika pembeli lupa
c. Sebagai alat untuk mengecek cocok tidaknya
barang yang dipesan dengan barang yang dikirim
Hal yang diperhatikan dalam surat
pemberitahuan pengiriman, yaitu
a. Hubungkan dengan surat pesanan
b.Berikan penghargaan kepada pemesan berupa
ucapan terima kasih
c. Yakinkan pembeli bila pesanan telah dikerjakan
dengan baik
d. Jika pesanan tidak terpenuhi atau hanya
dipenuhi sebagian maka jelaskan
alasannya
Cara pengiriman barang, yaitu
a. Perhatikan transportasi yang digunakan
b. Agar barang tidak rusak atau hilang barang
harus dibungkus dengan baik
c. Agar tidak terjadi keterlambatan pengiriman
maka perhatikan waktu yang ditetapkan oleh pembeli
5. Surat Pengaduan
Surat pengaduan atau klaim ialah surat
pemberitahuan dari pembeli kepada penjual, karena barang atau jasa yang
diterima tidak sesuai dengan pesanan.
Sebab adanya surat pengaduan, adalah
a. Jumlah maupun mutu tidak sesuai pesanan
b. Terjadi kerusakan pada barang atau jasa
c. Keterlambatan
d. Pengingkaran isi perjanjian
Tujuan membuat surat pengaduan, adalah
a. Menyelesaikan proses jual-beli agar
memberi kepuasan pada kedua belah pihak
b. Meningkatkan hubungan baik antara penjual
dan pembeli
c. Mengingatkan penjual agar memberikan
pelayanan yang memuaskan
d. Meminta informasi kepada penjual
tentang ganti rugi
Hal yang harus diperhatikan dalam surat pengaduan, yaitu
a. Hubungkan dengan nomor dan tanggal surat
pesanan
b.Ungkapkan dengan bahasa yang sopan
meskipun merasa tidak puas
c. Sebutkan jenis dan jumlah barang yang
diadukan
d. Jelaskan alasan-alasan yang logis tentang
pengaduan tersebut dengan bukti yang nyata
e. Jelaskan penyelesaian pengaduan yang
diinginkan dengan tidak merugikan kedua belah pihak
6. Surat Penyelesaian Klaim
Surat
penyelesaian klaim ialah surat yang dikirim penjual kepada pembeli untuk
memberi solusi atau menyelesaikan pengaduan.
Alternatif penyelesaian pengaduan, yaitu
a. Memberi potongan harga
b. Memberi pengganti barang atau jasa
c. Memberi ganti rugi berupa uang
Hal yang harus diperhatikan dalam surat
pengaduan, yaitu
a. Hubungkan dengan nomor dan tanggal surat
pengaduan
b. Ungkapkan dengan bahasa yang sopan
meskipun telah mendapat klaim
c. Jelaskan alasan-alasan yang logis tentang
terjadinya kesalahan
d. Tawarkan penyelesaian pengaduan dengan
tidak merugikan kedua belah pihak
e. Sampaikan permintaan maaf karena telah mengecewakan pembeli dan
berjanji untuk tidak mengulangi
7. Surat Permintaan Penangguhan Pembayaran
Surat
permintaan penangguhan pembayaran adalah surat yang dikirim pembeli kepada
penjual karena pihak pembeli belum sanggup membayar barang pesanan yang
disebabkan berbagai hal.
Hal yang harus diperhatikan dalam surat
permintaan penangguhan pembayaran, yaitu
a. Hubungkan dengan nomor dan tanggal surat
pesanan atau surat pemberitahuan pengiriman
b. Sampaikan permohonan maaf karena belum sanggup membayar
c. Jelaskan alasan-alasan yang logis tentang
keadaan yang terjadi sehingga belum sanggup membayar
d. Sampaikan bila secepatnya akan membayar
Adapun hal-hal yang menyebabkan terjadinya permintaan penangguhan
pembayaran, ialah
a. Terjadinya krisis ekonomi di perusahaan
pembeli
b. Terjadinya bencana alam di daerah perusahaan
pembeli
8. Surat Pemberian Penangguhan Pembayaran
Surat pemberian penangguhan pembayaran
ialah surat yang ditujukan kepada pembeli dari penjual yang berisi tentang
kesediaan memberi waktu penundaan pembayaran.
Hal yang harus diperhatikan dalam surat
pemberian penangguhan pembayaran, yaitu
a. Hubungkan dengan nomor dan tanggal surat
permintaan penangguhan pembayaran
b. Sampaikan kekecewaan namun beri tenggang
waktu pada pembeli agar dapat membayar
c. Mengingatkan pembeli agar memberikan
pelayanan yang memuaskan
9. Surat Tagihan
Surat tagihan ialah surat peringatan
atau permintaan dari penjual kepada pembeli yang belum membayar hutangnya
setelah jatuh tempo pembayaran lewat tanggalnya.
Hal yang harus diperhatikan dalam surat
tagihan, yaitu
a. Sebutkan nomor faktur yang ditagih dan tanggal
jatuh tempo pembayaran
b.Menyebutkan besarnya hutang atau tunggakan
yang harus dibayar
c. Menyebutkan hal-hal yang dianggap penting,
agar mendorong pembeli untuk membayar hutang
10. Surat Pembayaran
Surat
pembayaran adalah surat yang dibuat oleh pembeli yang ditujukan kepada penjual
dengan maksud untuk memberitahukan bahwa pembeli telah mengirim sejumlah uang
sesuai hutang.
Cara
menyusun surat pembayaran, yaitu
a. Hubungkan dengan surat tagihan
b. Sebutkan jumlah uang yang sudah dikirim
dan cara pengirimannya
c. Lampirkan bukti pengiriman
11. Surat Permohonan Referensi
Surat permohonan referensi adalah surat
yang dibuat oleh pembeli ataupun penjual yang ditujukan kepada pihak lain yang
isinya meminta pihak lain tersebut menyampaikan informasi tentang seseorang
atau perusahaan yang ditunjuk.
12. Surat Referensi
Surat referensi adalah surat yang
dibuat dan dikeluarkan apabila ada suatu perusahaan yang meminta atau
membutuhkan informasi tentang keadaan seseorang atau perusahaan yang berisi
tentang prestasi, kejujuran, maupun keadaan keuangan.
B. Prosedur Korespondensi Niaga
|
|
|
||||||||
1.
SURAT
PERMINTAAN PENAWARAN
|
2.
SURAT PENAWARAN
SURAT PERMOHONAN
REFERENSI
SURAT REFERENSI
5. SURAT
PENGADUAN
6.
SURAT PENYELESAIAN KLAIM
7.
SURAT PERMINTAAN PENANGGUHAN
PEMBAYARAN
8.
SURAT PEMBERIAN PENANGGUHAN
PEMBAYARAN
9.
SURAT TAGIHAN
Keterangan:
Jika ingin
melakukan korespondensi dengan benar, maka ikutilah alur sesuai prosedur di
atas. Untuk pembuatan surat permohonan referensi dan surat referensi di lakukan
sesuai dengan kebutuhan perusahaan, tidak harus runtut dengan bagan prosedur di
atas.
C. Contoh-Contoh Surat Niaga
Untuk mempermudah dalam pemahaman, maka di bawah ini
terdapat contoh-contoh surat niaga di setiap jenis suratnya.
1.
Surat
Permintaan Penawaran
PT VIMO SEJAHTERA
Jalan Mahacinta No. 11 ((0274) 015017
D. I. YOGYAKARTA
No. : 122/VS/III/2009 1
Maret 2009
Lamp. : -
Hal : Permintaan Penawaran
Barang Elektronik
Kepada PT BINTANG
JAYA
Jalan Kayangan
No. 17
SEMARANG
Dengan hormat,
Kami kabarkan kepada Saudara, bahwa toko kami telah
membuka cabang di D.I. Yogyakarta. Pada toko cabang tersebut, kami
mengkhususkan menjual barang elektronik dengan berbagai merk. Akan tetapi kami
belum memiliki persediaan televisi merk LG, padahal konsumen banyak yang
berminat terhadap televisi tersebut.
Sehubungan dengan hal tersebut, kami meminta
kepada Saudara untuk mengirimkan daftar harga serta keterangan-keterangan lain
mengenai:
a. Syarat pembayaran
b. Gambar atau foto televisi LG
Atas perhatian dan kerjasama Saudara, kami
ucapakan terima kasih.
Hormat kami,
PT VIMO SEJAHTERA
Dra. Fitriana
Direktur
2.
Surat
Penawaran
PT BINTANG JAYA
Jalan Kayangan No. 17 (879274
4 Maret 2009
No. : 175/BJ/III/2009
Lamp. : 2 lembar
Hal : Penawaran Barang Elektronik
Kepada PT VIMO
SEJAHTERA
Jalan Mahacinta
No. 11
D. I. YOGYAKARTA
Dengan hormat,
Sesuai dengan surat permintaan penawaran Saudara, no. 122/VS/III/2009
tanggal 04 Maret 2009, dengan ini kami menyampaikan penawaran secara tidak
mengikat sebagai berikut:
- Nama barang : Televisi
- Merk : LG Ultra Slim
- Keadaan : 100% baru
- Tipe : 21 inch
- Harga pasif : Rp 950.000,00 ( sembilan ratus lima puluh ribu rupiah)
- Garansi : 1 tahun
Pengiriman barang setelah 50% bayar. Jika Saudara setuju dengan ketentuan
tersebut, silakan Saudara mengirimkan surat pesanan kepada kami. Untuk lebih jelasnya, bersama ini pula kami lampirkan brosurnya
Atas perhatiaan Saudara, kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
PT BINTANG JAYA
Drs. Rozimeko
Aftur
Direktur
3.
Surat
Pesanan
PT VIMO SEJAHTERA
Jalan Mahacinta No. 11 ((0274) 015017
D. I. YOGYAKARTA
No. : 150/VS/III/2009 7 Maret 2009
Lamp. : 1 lembar
Hal : Pesanan Barang Elektronik
Kepada PT BINTANG
JAYA
Jalan Kayangan
No. 17
SEMARANG
Dengan hormat,
Sesuai dengan surat penawaran Saudara, no.
175/BJ/III/2009, tanggal 04 Maret 2009, mengenai penawaran barang elektronik
berupa Televisi LG Ultra Slim, dengan ini kami ingin memesan 35 buah Televisi
LG Ultra Slim 21 inch.
Kami tunggu kiriman barang tersebut, kami harap
sampai di toko sebelum tanggal 20 Maret 2009. Pembayaran telah kami lakukan
melalui BNI 46, sebanyak 50% sebagai syarat pengiriman barang, bukti pembayaran
kami lampirkan pada surat ini.
Atas perhatiaan Saudara, kami ucapkan terima
kasih.
Hormat kami,
PT VIMO SEJAHTERA
Dra. Fitriana
Direktur
4.
Surat
Pemberitahuan Pengiriman
PT BINTANG JAYA
Jalan Kayangan No. 17 (879274
11 Maret 2009
No. :
201/BJ/III/2009
Lamp. :
-
Hal :
Pemberitahuan Pengiriman
Barang Elektronik
Kepada PT VIMO
SEJAHTERA
Jalan Mahacinta
No. 11
D. I. YOGYAKARTA
Dengan hormat,
Sesuai dengan surat pesanan Saudara, no. 150/VS/III/2009, tanggal 07 Maret
2009, maka dengan ini kami beritahukan bahwa barang pesanan Saudara sebanyak 35
buah Televisi LG Ultra Slim 21 inch telah kami kirim.
Pengiriman menggunakan transportasi darat berupa mobil box tertutup.Semoga
barang tersebut sampai di tempat Saudara sebelum tanggal 20 Maret 2009 dan
dalam keadaan baik. Sesuai dengan penawaran kami, setelah barang sampai di
tempat Saudara hendaknya Saudara melunasi kekurangan dalam pembayaran.
Atas perhatiaan Saudara, kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
PT BINTANG JAYA
Drs. Rozimeko
Aftur
Direktur
5.
Surat
Pengaduan
PT VIMO SEJAHTERA
Jalan Mahacinta No. 11 ((0274) 015017
D. I. YOGYAKARTA
No. : 195/VS/III/2009 21 Maret 2009
Lamp. : 1 lembar
Hal : Pengaduan Kerusakan
Barang Elektronik
Kepada PT BINTANG
JAYA
Jalan Kayangan
No. 17
SEMARANG
Dengan
hormat,
Kiriman Saudara berupa Televisi LG
Ultra Slim 21 inch sebanyak 35 buah telah kami terima dengan baik pada tanggal
19 Maret 2009. Oleh karen itu, kami ucapkan terima kasih.
Perlu kami sampaikan bahwa setelah
kami cek terdapat 10 buah Televisi LG Ultra Slim 21 inch yang mengalami
kerusakan pada layar monitor berupa goresan. Sebagai solusinya, kami mohon kiriman 10 buah
Televisi LG Ultra Slim 21 inch untuk pengganti. Barang kami terima sebelum
tanggal 30 Maret 2009. Jika Saudara setuju, mohon segera di kirim dan sekaligus
mengambil Televisi yang mengalami kerusakan. Masalah harga tidak ada perubahan.
Atas perhatiaan Saudara, kami ucapkan terima
kasih.
Hormat kami,
PT VIMO SEJAHTERA
Dra. Fitriana
Direktur
6.
Surat
Penyelesaian Klaim
PT BINTANG JAYA
Jalan Kayangan No. 17 (879274
25 Maret
2009
No. : 225/BJ/III/2009
Lamp. : -
Hal : Penyelesaian Klaim
Barang Elektronik
Kepada PT VIMO
SEJAHTERA
Jalan Mahacinta
No. 11
D. I. YOGYAKARTA
Dengan hormat,
Surat pengaduan Saudara, no. 195/VS/III/2009, tanggal 21 Maret 2009, telah
kami terima dengan baik. Perlu kami sampaikan, bahwa kesalahan ada di pihak
kami yaitu terjadinya kesalahan dalam pengepakan, untuk kami mohon maaf yang
sebesar-besarnya.
Sebagai solusinya, kami menyetujui usulan Saudara. Kami akan segera
mengirim Televisi LG Ultra Slim sebanyak 10 buah sebagai gantinya dan akan Saudara
terima sebelum tanggal 30 Maret 2009.
Atas perhatiaan
dan pemberian maaf Saudara, kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
PT BINTANG JAYA
Drs. Rozimeko
Aftur
Direktur
7.
Surat
Permintaan Penangguhan Pembayaran
PT VIMO SEJAHTERA
Jalan Mahacinta No. 11 ((0274) 015017
D. I. YOGYAKARTA
No. :
217/VS/IV/2009 11
April 2009
Lamp. :
-
Hal : Permintaan Penangguhan
Pembayaran Barang Elektronik
Kepada PT BINTANG
JAYA
Jalan Kayangan
No. 17
SEMARANG
Dengan hormat,
Kami beritahukan kepada Saudara, bahwa barang
kiriman berupa 10 buah Televisi LG Ultra Slim 21 inch sebagai pengganti telah
kami terima dengan baik. Oleh kerna itu, kami sampiakan terima kasih.
Sehubungan daerah perusahaan kami baru saja terkena
bencana alam berupa gempa bumi pada 04 April 2009 yang lalu, maka kami meminta
kebijakan Saudara untuk memberi tenggang waktu dalam pembayaran Rp
16.625.000.00 (enam belas juta enam ratus dua puluh lima ribu rupiah) sebagai
pelunasan pembelian 35 buah Televisi LG Ultra Slim. Kami mohon maaf, karena saat ini belum dapat
melunasi.
Atas perhatiaan dan kebijakan Saudara, kami
ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
PT VIMO SEJAHTERA
Dra. Fitriana
Direktur
8.
Surat
Pemberian Penangguhan Pembayaran
PT BINTANG JAYA
Jalan Kayangan No. 17 (879274
15 April
2009
No. : 250/BJ/IV/2009
Lamp. : -
Hal : Pemberian
Penangguhan
Pembayaran Barang Elektronik
Kepada PT VIMO
SEJAHTERA
Jalan Mahacinta
No. 11
D. I. YOGYAKARTA
Dengan hormat,
Surat permintaan penangguhan pembayaran Saudara, no. 217/VS/IV/2009,
tanggal 11 April 2009, telah kami terima dengan baik. Kami telah mengetahui
tentang terjadinya gempa bumi yang Saudara sebutkan, dan kami menyampaikan
turut berduka cita.
Meskipun kerjasama antara perusahaan Saudara dengan perusahaan kami belum
terjalin lama, kami percaya Saudara akan memenuhi kewajiban membayar hutang
pada perusahaan kami. Untuk itu kami memberi tenggang waktu pembayaran selama 3
bulan.
Atas perhatiaan dan kerjasama Saudara, kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
PT BINTANG JAYA
Drs. Rozimeko
Aftur
Direktur
9.
Surat
Tagihan
PT BINTANG JAYA
Jalan Kayangan No. 17 (879274
15 Juli
2009
No. : 289/BJ/VII/2009
Lamp. : -
Hal : Tagihan Faktur
Kepada PT
VIMO SEJAHTERA
Jalan
Mahacinta No. 11
D. I.
YOGYAKARTA
Dengan hormat,
Menurut catatan dalam pembukuan kami ternyata Saudara belum melunasi faktur
no. 217/BJ/III/2009, tanggal 07 Maret 2009 sebesar Rp 16.625.000.00 (enam belas
juta enam ratus dua puluh lima ribu rupiah) sebagai pelunasan pembelian 35 buah
Televisi LG Ultra Slim. Faktur
tersebut seharusnya sudah Saudara lunasi pembayarannya pada 24 Juni 2009.
Mengingat waktu pembayaran tersebut telah lewat 2 minggu, maka besar
harapan kami agar Saudara segera melunasi faktur tersebut melalui BNI 46.
Atas perhatiaan dan kerjasam Saudara, kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
PT BINTANG JAYA
Drs. Rozimeko
Aftur
Direktur
10.
Surat
Pembayaran
PT VIMO SEJAHTERA
Jalan Mahacinta No. 11 ((0274) 015017
D. I. YOGYAKARTA
No. : 265/VS/VII/2009 20 Juli 2009
Lamp. : 1 lembar
Hal : Pembayaran Faktur
Kepada PT BINTANG
JAYA
Jalan Kayangan
No. 17
SEMARANG
Dengan hormat,
Surat tagihan Saudara, no. 289/BJ/VII/2009,
tanggal 15 Juli 2009, telah kami terima dengan baik. Dengan ini, kami kabarkan
bahwa kekurangan pembayaran sebesar Rp 16.625.000.00 (enam belas juta enam
ratus dua puluh lima ribu rupiah) telah kami kirim. Pengiriman melalui BNI 46
pada 19 Juli 2009.
Dalam
surat ini, kami melampirkan bukti pembayarannya. Kami minta maaf, karena telah terlambat dalam
pembayaran.
Atas perhatiaan Saudara, kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
PT VIMO SEJAHTERA
Dra. Fitriana
Direktur
11.
Surat
Permohonan Referensi
PT BINTANG JAYA
Jalan Kayangan No. 17 (879274
11 April 2009
No. :
218/BJ/IV/2009
Lamp. :
-
Hal :
Permohonan Referensi
Kepada PT KARUNIA SARI
Jalan Abangan No. 43
D. I. YOGYAKARTA
Dengan
hormat,
Kami mengetahui
jika perusahaan Saudara telah lama bekerjasama dengan PT VIMO SEJAHTERA. Dengan
ini kami meminta kepada Saudara, untuk bersedia memberi referensi tentang
perusahaan tersebut.
Sehubungan PT
VIMO SEJAHTERA memiliki hutang kepada kami, dan kami belum mengetahui karaktek
PT VIMO SEJAHTERA apakah sanggup melunasi atau tidak. Semoga Saudara berkenan
memberi referensi.
Atas perhatiaan dan kerjasam Saudara, kami ucapkan terima kasih.
Hormat kami,
PT BINTANG JAYA
Drs. Rozimeko
Aftur
Direktur
12.
Surat
Referensi
PT KARUNIA SARI
Jalan Abangan No. 43 ((0274) 047410
D. I. YOGYAKARTA
No. :
158/KS/IV/2009 15
April 2009
Lamp. :
-
Hal : Referensi
Kepada PT BINTANG
JAYA
Jalan Kayangan
No. 17
SEMARANG
Dengan hormat,
Yang bertanda tangan di bawah ini, Direktur PT KARUNIA SARI, dengan ini
menerangkan dengan sesungguhnya bahwa:
Nama : Dra.
Fitriana
Jabatan :
Direktur PT VIMO SEJAHTERA
Alamat :
Jalan Mahacinta No.11 D.I.Y.
Telah lama mengadakan hubungan dagang dengan kami. Selama mengadakan
hubungan dagang dengan kami, beliau selalu melunasi hutang-hutangnya. Beliau
termasuk pengusaha yang jujur, ulet dan dapat dipercaya. Oleh sebab itu,
Saudara tidak perlu khawatir mengadakan hubungan dagang dengannya.
Demikian pertimbangan dan keterangan yang dapat kami berikan.
Hormat kami,
PT KARUNIA SARI
Dion Wibowo, S.E.
Direktur
Tidak ada komentar:
Posting Komentar